Wabup Beramanat, Bentuk Anak yang Agamis

oleh

BINTAN – WAKIL Bupati Bintan H Dalmasri Syam beramanat tentang pembentukan kepribadian anak yang agamis, pada saat menjadi khatib salat Idul Adha 1439 hijriah, di lapangan Demang Lebar Daun,Kijang, Rabu (22/8) pagi kemarin. Sehingga, generasi muda dan masyarakat Bintan selalu mendekatkan diri kepada ajaran Allah SWT.

Melalui khutbahnya, wabup menjelaskan, Idul Adha dikenal dengan sebutan hari raya haji. Karena, pada saat bersamaan kaum muslimin sedang menunaikan ibadah haji, yaitu wukuf di arafah.

”Mereka semua memakai pakaian serba putih dan tidak berjahit. Pakaian ihram itu melambangkan persamaan akidah dan pandangan hidup,” ujar H Dalmasri Syam.

Idul Adha merupakan hari raya yang menekankan pada arti berkurban. Kurban itu sendiri artinya dekat. Sehingga, kurban dengan cara menyembelih hewan ternak untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kemudian, kesan yang dapat diambil dari peristiwa Nabi Ibrahim dengan Nabi Ismail dari hari raya kurban ini, orang tua harus membentuk anak yang saleh.

”Serta menciptakan pribadi anak yang agamis, anak yang berbakti kepada orang tua, lebih-lebih berbakti terhadap Allah SWT dan rasulnya,” tegas wabup.

Usai salat berjemaah Idul Adha, Wakil Bupati dan sejumlah pimpinan OPD menyerahkan hewan kurban kepada pengurus masjid besar Nurul Iman Kijang, dan beberapa lokasi di Kecamatan Bintan Timur.

Bebas Penyakit
Sementara, tim dokter hewan dan paramedis veteriner Dinas Pertanian Bintan melakukan pengawasan pemotongan hewan kurban di 7 kecamatan. Kadis Pertanian Bintan Supriyono melalui Kasi Kesehatan Hewan drh Iwan Berri Prima mengatakan, pelaksanaan pengawasan pemotongan hewan kurban berupa pemeriksaan ante mortem, sebelum hewan disembelih. Dan pemeriksaan post mortem setelah hewan disembelih.

”Hasil pemeriksaan di lapangan tidak ditemukan hewan berpenyakit yang dipotong. Alhamdulillah, hewan kurban yang diperiksa, semua sehat dan tidak menunjukkan gejala penyakit hewan menular berbahaya dan zoonosis,” tegasnya.

Hanya saja, di beberapa tempat masih ditemukan perilaku masyarakat yang memotong daging, sambil merokok serta menginjak alas daging dengan menggunakan sepatu atau sandal. Padahal, area tersebut seharusnya area bersih.

Pawai Takbir
Sebelum salat Idul Adha, Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam dan jajaran Pemkab Bintan mengadakan pawai takbir di halaman Masjid Raya An-Nur, Kecamatan Gunung Kijang, Selasa (21/8) malam. Pada kesempatan tersebut, wabup mengajak agar masyarakat Bintan mendoakan jemaah haji dari Kabupaten Bintan dan jemaah dari Indonesia lainnya, selalu diberikan keselamatan dan kesehatan.

Kegaiatn pawai takbir sampai dengan salat Idul Adha turut dihadiri Sekda Bintan Adi Prihantara, sejumlah pimpinan OPD dan FKPD. (YUSFREYENDI)

Source