Tak Hanya Makanan, Cuaca Panas Ternyata Juga Bisa Sebabkan Bau Mulut!

oleh

Sedang tidak makan makanan petai atau bawang, tapi mulut tetap saja mengeluarkan aroma tak sedap? Coba keluar rumah dan lihat ke langit, mungkin saja cuacanya sedang panas terik. Penelitian terbaru membuktikan bahwa cuaca panas bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut Anda, lho! Kok bisa? Bukannya cuaca panas justru harusnya bikin bau badan karena kita terus keringatan?

Kenapa cuaca panas bisa jadi penyebab bau mulut?

Selain menyebabkan bau badan, cuaca panas nyatanya juga bisa menjadi penyebab bau mulut. Hal ini disampaikan oleh Dr. Harold Katz, seorang dokter ahli dalam bidang halitosis atau bau mulut, kepada Metro. Meski demikian, ini bukan berarti cuaca panas akan langsung membuat Anda jadi bau mulut.

Bau mulut ada hubungannya dengan kondisi dehidrasi yang umum terjadi saat cuaca panas. Mulut merupakan lingkungan yang sangat cocok untuk pertumbuhan bakteri. Bakteri-bakteri tersebut sebenarnya tak akan bermasalah jika jumlahnya seimbang dan hidup harmonis.

Akan tetapi kalau Anda dehidrasi, secara otomatis mulut akan menjadi kering. Hal ini menyebabkan lingkungan di mulut berubah menjadi asam dan membuat bakteri semakin tumbuh subur.

Tak hanya itu, dehidrasi juga membuat sel-sel mati dan sisa makanan bertumpuk di dalam mulut, baik itu di lidah, gusi, maupun pipi bagian dalam. Padahal kalau Anda tidak dehidrasi, mulut akan tetap lembap oleh liur yang berfungsi membilas sel-sel mati tersebut keluar dari mulut. Itulah mengapa dehidrasi bisa menjadi penyebab bau mulut.

Penyebab bau mulut saat cuaca panas juga bisa karena makanan

es krim sehat diabetes

Apa yang paling sering Anda makan dan minum saat cuaca panas? Kebanyakan dari Anda mungkin akan menyebutkan es krim, air putih dingin, atau minuman bersoda.

Makanan dan minuman dingin, terutama yang rasanya segar manis, memang sangat cocok dinikmati saat cuaca panas. Apalagi kalau Anda sedang menempuh perjalanan jauh dan mulai merasa haus. Namun hati-hati, makanan dan minuman tersebut bisa menjadi penyebab bau mulut, lho!

Bakteri yang ada di dalam mulut Anda sangat menyukai gula. Saat Anda makan makanan manis, ini artinya Anda memberikan makanan bagi bakteri untuk terus berkembang biak. Penumpukan bakteri di mulut inilah yang menyebabkan bau mulut.

Selain dari makanan atau minuman manis, penyebab bau mulut juga bisa berasal dari jenis saus (dressing) yang Anda gunakan pada makanan. Misalnya saja, Anda makan salad dengan saus mayonaise, ayam goreng dengan saus tomat, atau makan steak dengan saus barbeque (BBQ). Ya, walaupun rasanya tidak manis, semua jenis saus ini mengandung tinggi gula yang bisa menjadi makanan bakteri penyebab bau mulut.

Lantas, bagaimana cara mengatasi bau mulut saat cuaca panas?

Setelah memahami ini, Anda mungkin jadi ragu untuk makan es krim atau makan steak dengan saus BBQ karena takut bau mulut. Sebetulnya, Anda boleh saja tetap mengonsumsi makanan yang Anda sukai itu, kok.

Akan tetapi, pastikan Anda memenuhi syarat-syarat ini dulu supaya terhindar dari bau mulut, yaitu:

  1. Perbanyak air putih. Ini bertujuan untuk mencegah dehidrasi yang bisa menjadi penyebab bau mulut saat cuaca panas.
  2. Perhatikan jenis makanan atau minuman. Anda boleh saja makan makanan atau minuman yang manis, namun batasi jumlahnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut.
  3. Rutin menyikat gigi. Hal ini dapat membantu membasmi plak dan bakteri yang bersarang di mulut Anda. Hindari pasta gigi yang mengandung detergen bernama SLS atau sodium lauryl sulfate. SLS ini dapat menghasilkan banyak busa, namun cenderung tidak bermanfaat untuk kesehatan gigi Anda.

Artikel Tak Hanya Makanan, Cuaca Panas Ternyata Juga Bisa Sebabkan Bau Mulut! Dipublish Oleh Hello Sehat.