Sekda Bintan Buka Bintan Ekspo Sejahtera

oleh

TANJUNGUBAN – Sekretaris Daerah Bintan Adi Prihantara membuka Bintan Ekspo Sejahtera, di halaman Gedung Nasional Tanjunguban, Sabtu (18/8) sore lalu. Kegiatan ini sebagai promo karya khas seni maupun kuliner, produk dari masyarakat Bintan.

Adi Prihantara menyampaikan, pelbagai kreasi khas Bintan baik kuliner maupun karya seni, sudah sudah banyak yang diminati turis internasional. Buktinya, banyak wisatawan mancanegara yang membeli kuliner khas Bintan. Seperti keripik ubi ungu dan seni ukir miniatur kapal dari tulang ikan.

”Banyak hasil-hasil kreativitas dari tangan-tangan terampil di Bintan yang diminati turis. Mereka beli untuk oleh-oleh. Ini peluang yang harus kita lirik secara jeli,” terang Adi Prihantara usai membuka Bintan Ekspo Sejahtera tersebut.

Untuk menembus pasar internasional, Adi menyebutkan, produktivitas seni maupun kuliner khas Bintan masih terbatas. Sehingga, menjadi kendala saat memasarkan produk ke luar negeri. Perlu upaya serius yang dilakukan secara bersama, agar produktivitas kontinyu dan memenuhi permintaan pasar.

”Masalah kemasannya juga. Karena, jika sudah masuk ke pasar internasional tetapi kemasannya biasa-biasa saja, produk kita bisa tergeser dengan produk lainnya. Kalah bersaing dengan kemasannya lebih modern,” jelas Adi Prihantara.

Kepala Dinas Sosial Bintan Naharuddin menyampaikan, kegiatan ekspo yang dilakukan ini untuk promosi karya seni dan kuliner. Dengan harapan, produk asli Bintan bisa semakin dikenal oleh masyarakat Bintan sendiri, dan masyarakat di luar.

”Ada juga persiapan upaya promosi digital. Dengan basis online mungkin akan lebih efesien dari segi waktu, untuk menjangkau pasaran yang lebih luas,” kata Naharuddin. (fre)

Source