Renovasi Rumah Tanpa Uang Tukang

oleh

Kabarkepri.id –  Dalam waktu dekat, Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertamanan (Disperkimtan) Kota Batam akan mulai merenovasi 198 unit rumah warga di tiga kelurahan di Batam.

Perbaikan ini tanpa upah tukang. Tetapi akan dilakukan secara swadaya oleh masyarakat peneriam bantuan.

Kepala bidang perumahan Disperkimtan Kota Batam Bambang Sukirwan mengatakan, KemenPUPR mengalokasikan anggaran sekitar Rp 2,97 miliar. Atau setiap rumah mendapat anggaran sekitar Rp 15 juta.

“Jadi untuk tahun ini karena anggaran yang sangat terbatas maka tidak ada uang tukangnya. Tetapi tahun depan, anggaran setiap rumah kita naikkan jadi Rp 17,5 juta. Jadi rencananya Rp 2,5 juta untuk upah tukang,” katanya.

Bambang mengatakan, saat ini prosesnya sudah masuk tahap administrasi. Dan dalam waktu dekat pembangunan fisiknya akan mulai kita lakukan.

“Warga memang sudah mulai tanya. Tetapi kami takin dan optimis tahun ini akan tetap selesai sesuai dengan jadwal,” katanya.

Dengan anggaran yang sangat terbatas tersebut, renovasi hanya dilakukan pada bagian-bagian tertentu saja. Atau bisa dikatakan renovasi penambahan kualitas.

“Jadi yang diperbaiki adalah atap, lantai dan dinding (Akadin.) Jadi bukan bangun baru,” katanya.

Tiga kelurahan yang mendapatkan program ini adalah kelurahan Batu Merah sebanyak 80 unit, kelurahan Sengkuang sebanyak 45 unit dan di Kelurahan Kabil sebanyak 73 unit.

“Kami berharap tahun-tahun depan akan semakin banyak,” katanya. (ian)

 

 

Respon Anda?

komentar



Source