Peserta Malaysia dan Singapura Jajal Lomba Sampan

oleh
Puluhan sampan layar berlomba menuju garis finis di perairan Pulau Buluh, Bulang, Sabtu (18/8). Lomba sampan layar ini dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 73. F Dalil Harahap/Batam Pos

Kabarkepri.id – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke 73, Kecamatan Belakangpadang menggelar pesta rakyat lomba sampan hingga gerak jalan tingkat sekolah di Langlang Laut, Jumat (17/8).

Selaian warga lokal, lomba sampan ini juga diramaikan peserta dari negara tetangga Malaysia dan Singapura. Lomba langsung dibuka Wali Kota Muhammad Rudi.

Ia mengatakan acara ini merupakan agenda rutin dari masyarakat yang ada di Belakangpadang. “Bentuk kemeriahan dalam menyambut kemerdekaan. Ini harus kita pertahankan. Budaya jangan sampai hilang,” sebutnya.

Panitia Lomba, Suarno mengatakan untuk lomba sampan ada empat kategori yaitu kolek sembilan diikuti tujuh tim, kolek tujuh diikuti 10 tim, kolek lima diikuti lima tim dan kolek tiga sebanyak empat tim.

“Total ada 26 peserta yang ikut lomba sampan dari semua kategori,” sebutnya.

Peserta lomba kali ini juga diramaikan peserta dari Malaysia dan Singapura selain peserta lokal sendiri. “Ada beberapa tim yang langsung datang kemari hanya untuk lomba ini. Alhamdulillah mereka berminat berpartisipasi dalam lomba kolek ini,” lanjutnya.

Untuk rute lomba kali ini, peserta harus memutari perairan Belakangpadang dan Sambu sebanyak dua kali setengah putaran. Lomba tahunan ini diharapkan bisa menarik wisatawan lokal datang untuk menyaksikan termasuk luar.

“Yang dari negara seberang mereka datang bersama keluarganya juga,” imbuhnya

Sementara itu, ratusan warga terlihat memadati pelabuhan untuk menyaksikan lomba sampan tersebut. Meskipun hujan sempat turun ternyata tidak membuat antusian peserta maupun warga dalam mengikuti lomba kolek ini.(yui)

Respon Anda?

komentar



Source