Lestarikan Budaya lewat Festival Reog

oleh
PENAMPILAN salah satu grup reog di Karimun pada festival reog yang digelar di Coastal Area, Sabtu (18/8). F. Kartino untuk Kabarkepri.id

Kabarkepri.id – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karimun menggelar festival reog di Coastal Area, Sabtu (18/8). Festival dibuka Bupati Karimun, Aunur Rafiq. Festival ini diikuti tiga grup yakni Gembong Singo Mudo Bukit Tiung, Singo Bangkit Alur Jongkong, dan Singo Anom Junior Bukit Tiong.

”Festival digelar selain sebagai ajang menjalin tali silaturahmi antarbudaya reog, sekaligus untuk melestarikan kebudayaan nusantara yang ada di Karimun ini,” ujar Aunur Rafiq.

Apalagi Karimun yang berba­ta­s­an langsung dengan Malaysia dan Singapura, festival ter­se­but bisa menjadi daya tarik ters­endiri agar wisman manca ne­gara mau berkunjung ke Karimun. ”Kita patut bersyukur, Kabupaten Karimun memiliki banyak sekali kebudayaan dan kesenian. Semua hidup rukun berdampingan,” terangnya.

Pada festival reog kali ini, juara pertama diraih grup reog Gembong Singo Mudo Bukit Tiung Karimun, disusul Singo Bangkit Alur Jongkong Tebing, serta Singo Anom Junior Bukit Tiung. Untuk juara pertama berhak mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 10 juta, juara kedua Rp 7,5 juta, dan juara ketiga Rp 5 juta. (tri)

Respon Anda?

komentar



Source