Kesehatan Guru Penting, Perlu Rutin Olahraga

oleh -

BATAM – Peringatan hari guru di Batam, berlangsung dengan upacara yang dihadiri para guru dan dari forum komunikasi pimpinan daerah (FKPD) Batam.

Wali Kota Batam, HM Rudi membacakan kata sambutan Menteri Pendidikan RI, Nadiem Makarim.

Disela-sela itu, beberapa orang guru tumbang. Ada juga beberapa yang dipapah untuk ke dekat yang teduh.

Kondisi itu menjadi perhatian Wali Kota Batam, HM Rudi, yang menjadi inspektur upacara hari Guru, 25/11) di dataran Engku Putri.

Ia menuturkan, karena kondisi banyak guru perempuan yang pingsan, Rudi meminta waktu untuk menyampaikan arahan. Arahan disampaikan setelah upacara selesai.

”Sebentar, sebelum bubar. Selama 45 menit upacara banyak guru tumbang. Saya perintahkan, setiap minggu ada olah raga. Kita tiap minggu olah raga, bisa di Engku Putri ini,” himbau Rudi.

Disampaikan Rudi, kesehatan guru penting, karena akan mempengaruhi proses belajar dan mengajar. Ia mengajak para guru memperbanyak olah raga. ”Kami menyampaikan apresiasi atas dedikasi guru untuk anak-anak Batam. Semoga guru mejadikan lebih baik. Untuk itu guru harus sehat,” sambung Rudi.

Usai upacara, Rudi menyampaikan selamat Hari Guru. Disampaikan, guru dan dunia pendidikan menjadi salah satu prioritas Batam. Hal itu juga diakui, tidak lepas dari intruksi Presiden Jokowi, untuk mendukung tahun generasi emas Indonesia di 2045.

”Presiden Jokowi mencanangkan Indonesia tahun emas tahun 2045. Maka kita harus mempersiapkan anak-anak kita untuk menyambut tahun emas,” ujarnya.

Ia menuturkan, keberadaan guru sangat penting dalam membangun sumber daya manusia, satu daerah. Sehingga perhatian untuk guru, penting dijaga. ”Kalau mau membangun suatu daerah, tentung SDM harus dibangun. Di sini peran guru sangat penting,” tegas Rudi.

Guru-guru diingatkan menjadikan kekuatan dalam pembangunan SDM. Sehingga pada tahun 2045 mendatang, SDM Batam siap besrsaing.

SDM harus kita siapkan dari sekarang. Pemko sudah membantu membiayai anak-anak kita masuk perguruan tinggi favorit, seperti di UI, UGM, dan lain.

”Selamat Hari Guru di Batam, dedikasi anda sudah baik selama ini. Tapi kalau bisa ditingkatkan, sehingga SDM kita menjadi sempurna ke depan seperti negara tetangga (Singapura),” harap Rudi.

Berkaitan dengan Hari Guru, pada 30 November 2019 mendatang, puncak HUT PGRI ke-74 tingkat nasional digelar. Wali Kota Batam bersama pengurus PGRI Batam akan ikut serta. Pada acara tersebut, Rudi akan mendapat penghargaan Dwija Praja Nugraha, sebagai penghargaan peduli terhadap guru dan pendidikan. Direncanakan penghargaan akan diberikan Presiden RI, Joko Widodo. (mbb)

Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *