Kenapa Saya Sakit Kepala Hanya di Sebelah Kiri?

oleh

Sakit kepala adalah salah satu keluhan langganan orang-orang. Rasa sakitnya pun bisa terjadi di berbagai sisi kepala. Lantas, apa yang menyebabkan Anda mengalami sakit kepala sebelah kiri? Coba cek di sini jawabannya.

Macam-macam penyebab sakit kepala sebelah kiri

1. Faktor gaya hidup

Tanpa disadari, kebiasaan Anda sehari-hari bisa menyebabkan sakit kepala muncul hanya di sebelah kiri.

  • Minuman keras. Minuman beralkohol bisa memicu pelebaran pembuluh darah di kepala, sehingga memicu sakit kepala sebelah.
  • Makan tidak teratur. Ketika Anda sering melewatkan waktu makan, gula darah akan menurun drastis sehingga otak tidak bisa berfungsi optimal. Salah satu gejala yang muncul adalah sakit kepala sebelah kiri.
  • Kurang tidur. Kurang tidur meningkatkan hormon stres kortisol yang bisa memicu sakit kepala. Itu kenapa sakit kepala tegang (tension headache) lebih sering muncul dan memburuk setelah Anda begadang.
  • Makanan sehari-hari. Beberapa makanan bisa memicu sakit kepala sebelah kiri. Yang paling umum adalah makanan berpengawet atau berpemanis buatan, kafein, daging olahan, dan makanan asin.

2. Infeksi atau alergi

Infeksi umum seperti pilek dan flu atau sinus bisa menyebabkan sakit kepala sebelah kiri. Reaksi alergi juga bisa menyebabkan beberapa orang mengalami sakit kepala sebelah. Ini terjadi karena saluran sinus menyempit saat Anda mengalami infeksi atau alergi, yang membuat kepala sakit.

 

Selain itu, infeksi yang lebih serius yaitu ensefalitis dan meningitis juga mengakibatkan sakit kepala hebat yang disertai demam tinggi, kaku leher, dan kejang.

3. Terlalu sering minum obat pereda nyeri

Meski tujuan awalnya adalah mengobati sakit kepala, obat pereda nyeri (aspirin, ibuprofen, paracetamol) yang Anda minum bisa berbalik justru menyebabkannya semakin parah jika minum dosis yang berlebihan lebih dari 2- 3 hari. Bahkan, sakit kepala Anda akan berlangsung lebih lama dari sebelumnya.

4. Penyebab lainnya

  • Glaukoma: Peningkatan tekanan dalam bola mata bisa memunculkan gejala sakit kepala sebelah yang luar biasa nyeri. Sakit kepala kadang bisa juga terjadi di kedua sisi.
  • Tumor otak: Salah satu gejala awal dari tumor otak adalah sakit kepala luar biasa yang terjadi tiba-tiba. Biasanya akan diiringi dengan gejala lain seperti penglihatan kabur, masalah bicara, kebingungan, dan sulit berjalan.

Artikel Kenapa Saya Sakit Kepala Hanya di Sebelah Kiri? Dipublish Oleh Hello Sehat.