Kemeriahan Pawai Takbir Hias Iduladha, Rudi Kumandangkan Takbiran bersama Warga Batam

oleh -
Kemeriahan Pawai Takbir Hias Iduladha, Rudi Kumandangkan Takbiran bersama Warga Batam

Pawai takbir malam Iduladha 1444 Hijriah tingkat Kota Batam berlangsung meriah, Rabu (28/6/2023) malam. Ribuan warga tumpah ruah ikut bertakbir hingga menyaksikan kendaraan hias di Dataran Engku Hamidah, Batam Centre, tersebut.

Pawai takbir yang dimeriahkan kendaraan hias itu diikuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam hingga sejumlah organisasi dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam.

Secara resmi, kendaraan hias itu dilepas langsung oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Sebelum melepas mobil hias, Rudi memimpin takbiran menyambut Hari Raya Iduladha tingkat Kota Batam tersebut.

Rudi terlihat khusyuk mengumandangkan takbir, tasbih, tahmid. Kumandang takbiran itu diiringi pejabat hingga masyarakat Batam yang hadir di malam itu.

Usai bertakbir, secara beriringan, mobil hias mulai bergerak menelusuri rute yang ditetapkan. Sejumlah bentuk seperti kakbah hingga kemegahan masjid sukses membuat pengunjung terpukau.

“Selamat merayakan Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah, mewakili Pemko Batam dan BP Batam, menyampaikan mohon maaf lahir dan batin,” ucap Rudi.

Di kesempatan itu, Rudi mengajak masyarakat Batam memaknai Iduladha dengan terus berkurban. Ia menyampaikan, nilai berkurban sangatlah penting untuk membuktikan rasa kepedulian ke sesama dan juga rasa takwa kepada Allah.

“Kurban menjadi bukti cinta kita pada sesama, jadikanlah perayaan Iduladha sebagai momentum pembersihan diri,” ujarnya.

Ia menegaskan, berkurban di Hari Raya Iduladha merupakan gambaran keikhlasan umatNya serta ketaatan serta pengorbanan yang sempurna.

“Semoga keikhlasan dan pengorbanan di momen Iduladha 1444 H bernilai ibadah,” ujarnya.

Selain itu, ia juga meminta masyarakat mendukung pemerintah dalam membangun daerah. Ia menegaskan, pembangunan di Batam semata-mata demi kesejahteraan masyarakat.

 

“Dengan perubahan yang ada di Batam, semoga semua bahagia hidup di Kota Batam,” ujar Rudi.

Sementara itu, Ketua Panitia Pawai Takbir Kota Batam, Salim, melaporkan, lomba mobil hias ini memperebutkan total hadiah Rp 36 juta dengan rincian juara 1 akan mendapat Rp12 juta, juara 2 Rp10 juta, juara 3 Rp8 juta, dan juara 4 sebesar Rp 6 juta.

“Mobil hias ini melalui rute dari Dataran Engku Hamidah dan finish di Simpang Tembesi dengan total 65 peserta,” ujar Salim yang juga sebagai Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam tersebut.

Selain itu, ia juga melaporan terkait pelaksanaan salat Iduladha dan pelaksanaan kurban di Batam. Untuk pelaksanaan salat akan dilaksanakan di 635 titik, dan tingkat Kota Batam dipusatkan di Dataran Engku Putri, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, dan Masjid Baiturrahman Sekupang.

“Untuk hewan kurban, total ada 3.642 ekor dengan rincian 1.187 sapi dan 2.455 kambing,” tutup Salim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *