Jumlah Penduduk Natuna Bertambah 2.500 Jiwa

oleh

Kabarkepri.id – Pertumbuhan jumlah penduduk Natuna belakangan ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dalam rentang waktu kurang dari satu tahun, jumlah penduduk bertambah hingga 2.000 lebih.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Natuna Ilham Kauli menga-takan jumlah penduduk Natuna tidak lagi pada angka 70 an ribu jiwa. Angka itu kini sudah bertambah.

Berdasarkan angka Data Konsolidasi Bersih (DKB) semester 2 tepatnya akhir Desember 2017, jumlah penduduk Natuna sebanyak 79.058 jiwa.

Kemudian pada DKB semester 1 tepatnya Juni 2018, angka berubah menjadi 81.558 jiwa. Ini artinya dalam rentang waktu beberapa bulan saja jumlah penduduk bertambah banyak.

”Jumlah penduduk kita naik 2.500 orang sejak akhir tahun 2017 kemarin. Angka ini saya rasa cukup signifikan,” kata Ilham kemarin.

Ia juga menjelaskan, jumlah penduduk yang terkategori wajib KTP juga memiliki tambahan yang cukup banyak. Pada akhir tahun 2017 lalu jumlah penduduk wajib KTP sebanyak 51,026 dan tahun ini naik menjadi sebanyak 54,049.

”Jumlah penduduk wajib KTP juga mengalami kenaikan sebanyak 3.023 orang. Kenaikan ini cukup signifikan,” jelasnya.

Menurutnya, perubahan ini disebabkan oleh sedikitnya dua faktor yakni faktor kelahiran anak dan faktor urban dari berbagai daerah tujuan Natuna. Namun begitu, Ilham me-ngaku belum bisa memastikan faktor mana yang lebih berperan dalam memacu pertumbuhan penduduk Natuna.

”Faktor kelahiran juga ada dan faktor perpindahan penduduk juga banyak. Tapi saya belum bisa pastikan mana yang lebih dominan,” tutupnya.(arn)

Respon Anda?

komentar



Source