Hadiri Penyerahan Bantuan Dari Yayasan Citra Mas, Sekda Jefridin Ungkapkan Angka Stunting Di Kota Batam Menurun

oleh -
Hadiri Penyerahan Bantuan Dari Yayasan Citra Mas, Jefridin Ungkapkan Angka Stunting Di Kota Batam Menurun

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mengatakan bahwa angka stunting di Kota Batam terus mengalami penurunan setiap tahunnya. Dipaparkannya bahwa pada Tahun 2020 angka stunting di Kota Batam berjumlah 3.876 atau 7,21 %. Kemudian di Tahun 2021 mengalami penurunan 3.367 atau 6,02 %.

Dari upaya-upaya yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Batam, maka di Tahun 2022 kembali turun 1.441 atau 2,42 % dan di Tahun 2023 turun menjadi  1.207 atau 1,90 %. Salah satu program yang dilakukan Pemko Batam untuk menurunkan angka stunting di Kota Batam adalah melalui program Bapak Asuh.

“Untuk Bapak Asuh ini ada yang dikelola oleh perusahaan dan per orangan. Untuk perusahaan sudah ada enam perusahaan. Sedangkan yang per orangan sudah berjumlah 24 orang dengan total jumlah anak asuh sebanyak 119 orang,” jelas Jefridin mewakili Wali Kota Batam pada acara Penyerahan Bantuan “Kami Peduli” Yayasan Citra Mas di Graha Citramas, Kabil pada Senin (04/09/2023).

Atas nama Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dan Pemerintah Kota Batam mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Yayasan Citra Mas untuk masyarakat. Tentunya bantuan yang diberikan ini sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Kepada Yayasan Citra Mas terimakasih karena sudah sangat peduli kepada masyarakat Batam khususnya Sambau dan Batu Besar. Ini adalah bentuk kolaborasi nyata dalam membantu pemerintah. Semoga bantuan ini bermanfaat, sehingga masyarakat dapat keluar dari kemiskinan dan bebas stunting,” ucap Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Batam ini.

Dalam kesempatan itu Jefridin juga menyampaikan bahwa di Kota Batam masih dibutuhkan sebanyak sepuluh  ribu jamban. Untuk itu Ia mengajak perusahaan di Kota Batam dapat memberikan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa pembangunan jamban, sehingga Batam bisa bebas dari Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan.

“Terimakasih karena pada hari ini Yayasan Citra Mas sudah membangun jamban untuk 69 rumah di Kelurahan Kabil. Semoga ke depannya indikator penilaian Kota Sehat dapat terpenuhi di Kota Batam. Karena ODF ini masuk dalam salah satu penilaian dari Kota Sehat,” tuturnya selaku Ketua Pembina Kota Sehat Kota Batam.

Ketua Panitia “Kami Peduli” Yayasan Citra Mas, Reggi menyampaikan bantuan yang diberikan berupa bahan makanan untuk 11 Anak Stunting di Kelurahan Sambau dan Batu Besar. Bantuan ini menurutnya sudah diberikan sejak April 2023 hingga Desember 2023.

“Bantuan ini kami berikan dengan harapan agar anak-anak kita tumbuh dengan baik,” ujarnya.

Selanjutnya bantuan untuk 27 Keluarga Pra Sejahtera. Pelatihan hydroponik kepada 20 peserta. Dimana saat ini hydroponik yang ditanam dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga.

Yayasan Citra Mas juga memberikan bantuan kepada empat Panti Asuhan dan Biaya Pendidikan untuk 98 Anak Panti Asuhan. Setiap anak mendapat biaya pendidikan satu juta setiap bulannya.

Berikutnya Perlengkapan untuk 17 Posyandu, di Batu besar dan Sambau. Diantaranya berupa timbangan, pengeras suara dan alat ukur. Penyediaan jamban untuk 69 Rumah di Kelurahan Kabil. Dan pelatihan Welding bagi karyawan Citra Mas yang akan memasuki masa pensiun.

“Semoga bantuan ini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Batam khususnya masyarakat Nongsa,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *