Dikenal Mahal, Berapa Kisaran Biaya Pasang Ring Jantung di Indonesia?

oleh

Katanya, penyakit jantung adalah penyakit yang mahal. Pasalnya, penyakit jantung umumnya tidak bisa diobati hanya dengan pemberian obat-obatan. Ya, kebanyakan kasus penyakit jantung kronis akan berakhir pada tindakan operasi yang menguras banyak biaya, salah satunya dengan pasang ring jantung. Memangnya, berapa, sih, biaya pasang ring jantung yang harus dikeluarkan? Berikut penjelasannya.

Berapa biaya pasang ring jantung di Indonesia?

Penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian nomor dua di Indonesia setelah stroke. Itulah mengapa, penyakit jantung harus segera ditangani sedini mungkin supaya tidak berakibat fatal dan mengancam nyawa penderitanya.

Salah satu pengobatan paling awal terhadap penyakit jantung adalah pemasangan ring jantung atau stent. Pasang ring jantung ini berfungsi untuk membantu melebarkan pembuluh darah yang tersumbat akibat lemak yang menumpuk. Alhasil, aliran darah ke jantung jadi lebih lancar dan menurunkan risiko serangan jantung.

Namun, Anda tentu tahu kalau biaya pasang ring jantung itu mahal. Apalagi kalau harus memakai lebih dari satu ring, harganya tentu bertambah mahal dan menguras kantong.

Di Indonesia sendiri, biaya pasang ring jantung berkisar antara 42 juta sampai 80 juta untuk satu ring saja. Jika Anda membutuhkan dua atau lebih ring jantung, maka biayanya jelas bertambah besar.

Belum lagi Anda harus membayar biaya rawat inap, perawatan, dan obat jantung yang harus diminum  pasca operasi. Alhasil, biaya keseluruhannya bisa menyentuh angka 150 sampai 250 juta.

Apakah pasang ring jantung dapat ditanggung oleh asuransi kesehatan?

ditanggung bpjs kesehatan asuransi lansia

Kabar baiknya, Anda tak perlu bingung lagi untuk memenuhi biaya pasang ring jantung yang dikenal sangat mahal itu. Kini sudah banyak asuransi kesehatan yang menanggung biaya pasang ring jantung.

Salah satu contohnya adalah program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari BPJS Kesehatan. Ya, BPJS Kesehatan ikut menanggung biaya pasang ring jantung, bahkan sampai empat ring jantung. Ini juga sudah termasuk biaya rawat inap dan obat-obatannya.

Selain BPJS, ada pula asuransi kesehatan swasta yang ikut menanggung biaya perawatan penyakit kritis atau kronis, seperti penyakit jantung, diabetes melitus, hipertensi, dan sebagainya. Namun ingat, tidak semua asuransi kesehatan menyediakan fasilitas ini, ya.

Biasanya, perusahaan asuransi kesehatan menyediakan produk khusus bernama asuransi penyakit kritis. Tiap perusahaan asuransi kesehatan pun punya kebijakan yang berbeda-beda terhadap produk tersebut.

Ada perusahaan asuransi kesehatan yang membayarkan 20 persen dari total biaya tanggungan penyakit kritis, tapi ada juga yang hanya membayarkan 10 persennya saja. Lagi-lagi, hal ini tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan asuransi kesehatan.

Yang terpenting, pastikan Anda paham betul mengenai prosedur yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan Anda, terutama untuk biaya pasang ring jantung. Kalau Anda ingin memanfaatkan BPJS Kesehatan, pastikan Anda sudah membayar iuran tepat waktu dan melakukan semua kewajiban sebagai peserta.

Nah, kini biaya pasang ring jantung sudah bukan lagi hambatan bagi Anda. Anda pun bisa segera mendapatkan perawatan dan menjalani hidup sehat seperti semula.

Artikel Dikenal Mahal, Berapa Kisaran Biaya Pasang Ring Jantung di Indonesia? Dipublish Oleh Hello Sehat.