Digadang-gadang Jadi Cagub Kepri, Inilah Profil Haji Muhammad Rudi

oleh -
Sukses dan Berlangsung Meriah, Rudi Resmi Tutup Jambore PKK 2023 Kota Batam

Wali Kota Batam Haji Muhammad Rudi atau HMR digadang-gadang bakal maju sebagai Calon Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) di Pilkada 2024 mendatang. Berikut profil serta perjalanan karir politik sosok yang juga menjabat sebagai Kepala BP Batam tersebut.

HMR merupakan kelahiran Tanjungpinang pada 10 Oktober 1963. Ia menghabiskan pendidikan dari SD-SMA di daerah tersebut dan meraih gelar S1 dari STIE Tribuana dan S2 dari STIE Ganesha.

Sebelum terjun ke politik, HMR dikenal sebagai anggota polisi dan pernah menjabat sebagai Kepala Samsat Kota Batam. Tapi pada 2004, HMR mengundurkan diri dari anggota kepolisian karena ingin menekuni niatnya menjadi pengusaha.

Takdir berkata lain, niat menjadi pengusaha, pada 2009 justru terpilih menjadi anggota DPRD Kota Batam. Pada Pilkada Batam 2011, HMR bahkan dipinang oleh Ahmad Dahlan untuk mendampinginya menjadi Wakil Wali Kota Batam dan menang.

Karir politiknya terus menanjak dengan terpilih menjadi Wali Kota Batam selama dua periode yatu dari 2016-2021 dan 2021-2024. Selain itu, sejak 2019, HMR juga menjabat sebagai Kepala BP Batam. Kader NasDem tersebut sejak 2020 juga dipercaya menjadi Ketua DPW NasDem Kepri.

Kini HMR didorong oleh banyak pihak untuk naik level menjadi Cagub Kepri 2024. Lalu bagaimana rekam jejak HMR selama memimpin Batam hingga namanya kini difavoritkan memimpin Kepri?

HMR merupakan sosok yang sangat populer di Batam. Namanya cukup harum, susah untuk menemukan orang yang tidak menyukainya. Hal ini semata-mata karena kesuksesannya selama dua periode memimpin Batam. Bahkan banyak pihak yang mengatakan siapapun Calon Wali Kota Batam di 2024 nanti jika ingin menang harus bisa merebut suara pendukung HMR.

Selama memimpin Batam, HMR memang terus-menerus banjir penghagaan. Pada Februari 2023 lalu, HMR meraih penghargaan bergengsi yakni ‘ASIA Leaders Awards 2023’ dari ASIA Global Council. penghargaan ini didapat HMR karena kesuksesannya membangun Kota Batam.

HMR juga pernah meraih penghargaan ‘Bisnis Indonesia Award (BIA) 2022’ untuk kategori Innovative Infrastructure Development Approach for Regional Economic Growth. Penghargaan ini diraih karena HMR di tengah dampak Pandemi Covid-19 tetap mampu menjaga iklim investasi dengan baik. Kemudian gencar membangun dan pengembangan infrastruktur baik jalan, bandara, pelabuhan maupun pengembangan kawasan ekonomi khusus.

Terbaru, HMR mendapatkan penghargaan bergengsi untuk kategori Program Penguatan Ekspor Daerah dalam ajang ‘Merdeka Award 2023’. Penghargaan ini diraih karena HMR sukses memberikan inovasi dan menginspirasi percepatan pertumbuhan ekonomi daerah.

Batam memang menjadi lokomotif perekonomian Provinsi Kepri dengan keberhasilannya menyumbang 83,6 persen investasi asing di Provinsi Kepri pada Semester I (Januari-Juni) 2023. Ekonomi Kota Batam pun tumbuh 6,84 persen tahun 2022 lalu dan melebihi angka pertumbuhan nasional.

Selain prestasi-prestasi tersebut, HMR juga dinilai sebagai sosok yang tidak menjaga jarak dengan masyarakat. Inilah alasan HMR sangat dicintai di Batam. Maka wajar setelah tidak lagi bisa maju di Batam, HMR diharapkan mau melanjutkan kepemimpinannya di Kepri. Pengalaman serta kesuksesannya membangun Batam diharapkan mampu dilanjutkan di Kepri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *