Catat, Ini Perbedaan Setiap Jenis Asuransi Kesehatan

oleh

Asuransi kesehatan bisa memudahkan Anda mempersiapkan biaya kesehatan di kemudian hari. Meski semua orang tidak ada yang ingin sakit, tak ada salahnya berjaga-jaga dengan memiliki asuransi kesehatan. Datangnya sakit tidak ada yang tahu, jadi persiapan biaya diperlukan. Sebelum Anda memilih asuransi apa yang ingin Anda miliki, kenali dulu berbagai jenis asuransi kesehatan berikut ini.

Beragam jenis asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan dibagi menjadi berbagai jenis berdasarkan hal berikut ini.

1. Kepemilikan badan penyelenggara

  • Asuransi kesehatan pemerintah, yaitu asuransi kesehatan yang dikelola oleh pemerintah, seperti BPJS Kesehatan atau Kartu Indonesia Sehat.
  • Asuransi kesehatan swasta, yaitu asuransi kesehatan yang dikelola oleh suatu badan swasta.

2. Jenis perawatan

  • Asuransi kesehatan rawat inap (in-patient treatment). Asuransi kesehatan yang membiayai perawatan untuk pasien yang akan menginap di rumah sakit alias opname.
  • Asuransi kesehatan rawat jalan (out-patient treatment). Asuransi kesehatan yang membiayai perawatan pasien berupa pelayanan medis seperti diagnosis, cek laboratorium, pengobatan, rehabilitasi, dan pelayanan kesehatan lainnya yang tidak mengharuskan pasien untuk tinggal (opname) di rumah sakit.

3. Keikutsertaan

  • Wajib. Anda diwajibkan untuk melakukan pembelian dan pembayaran asuransi dan mengikuti aturan tertentu. Misalnya Anda adalah seorang karyawan yang harus membeli polis asuransi sesuai dengan peraturan dalam perusahaan atau organisasi tempat bekerja.
  • Sukarela. Anda dengan bebas dapat memilih asuransi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda, tanpa terikat suatu aturan perusahaan atau organisasi.

4. Biaya yang ditanggung

  • Tanggungan total. Jenis asuransi kesehatan ini akan menanggung seluruh jenis pelayanan kesehatan, baik pengobatan, pemulihan, pencegahan (misalnya deteksi dini penyakit atau cek kesehatan), serta rawat inap maupun rawat jalan. Klaim asuransi akan disesuaikan dengan yang tertera dalam polis asuransi.
  • Tanggungan tinggi saja. Jenis asuransi kesehatan di mana perusahaan asuransi hanya akan menanggung biaya yang tergolong besar dan tidak akan menanggung biaya-biaya rawat jalan kecil seperti pemeriksaan, diagnosis, pengobatan, dan lainnya.

5. Pihak yang ditanggung

  • Personal. Asuransi ini hanya akan menanggung biaya atau memberikan perlindungan kesehatan pada satu orang saja atau pribadi, sesuai dengan syarat yang berlaku dalam polis asuransi.
  • Kelompok. Asuransi ini akan memberikan perlindungan kesehatan pada kelompok tertentu, seperti anggota keluarga atau perusahaan seusia dengan dengan syarat dan ketentuan polis (biasanya dihitung berdasarkan jumlah karyawan atau anggota keluarga yang jadi tanggungan).

6. Cara klaim asuransi

  • Reimbursement, jenis asuransi kesehatan ini mengharuskan Anda sebagai pemilik asuransi kesehatan untuk menanggung biaya pengobatan dari uang pribadi terlebih dahulu, kemudian biaya tersebut akan dilaporkan ke perusahaan asuransi kesehatan untuk diganti dengan melampirkan bukti pembayaran.
  • Cashless, jenis asuransi kesehatan inilah yang banyak digunakan. Klaim asuransi cashless hanya perlu menunjukkan kartu anggota asuransi ke rumah sakit di mana Anda dirawat, untuk membayar biaya pengobatan sesuai dengan ketentuan yang sudah disepakati oleh seluruh pihak.

Artikel Catat, Ini Perbedaan Setiap Jenis Asuransi Kesehatan Dipublish Oleh Hello Sehat.