Berapa Biaya yang Harus Dikeluarkan untuk Operasi Bypass Jantung?

oleh

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan RI, berdsarkan data Survei Sample Registration System (SRS) tahun 2014, penyakit jantung koroner (PJK) menjadi penyebab kematian tertinggi setelah stroke di Indonesia. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan operasi bypass jantung. Kira-kira, berapa biaya operasi bypass jantung?

Kapan operasi bypass jantung diperlukan?

Operasi bypass jantung adalah prosedur medis yang dilakukan ketika pembuluh arteri jantung yang memasok darah ke otot jantung mengalami kerusakan. Pembuluh arteri yang rusak akan diganti dengan pembuluh darah dari area tubuh lainnya untuk menciptakan jalan pintas.

Ketika pembuluh arteri jantung tersumbat atau rusak akibat plak yang menumpuk, darah jadi tidak mengalir dengan baik ke otot jantung. Jika tidak ditangani, otot jantung akan rusak karena tidak dapat makanan, sehingga gagal jantung atau serangan jantung bisa terjadi.

Pada kondisi tersebut dokter akan merekomendasikan operasi untuk menyelamatkan nyawa pasien dan mencegah komplikasi lain. Tindakan pertama adalah menjalani operasi pasang ring pada jantung.

Jika terlalu parah atau tindakan pasang ring jantung tidak berhasil, dokter akan merekomendasikan operasi bypass jantung.

Kisaran biaya operasi bypass jantung di rumah sakit

Pernah mendengar kalimat bahwa kesehatan itu mahal? Ya, sebab biaya untuk perawatan kesehatan itu tidaklah murah, salah satunya biaya operasi bypass jantung.

Jika Anda diharuskan menjalani tindakan tersebut, Anda harus mengeluarkan uang sekitar 80 sampai 500 juta. Besarnya biaya disesuaikan dengan fasilitas, seberapa banyak pembuluh arteri yang harus diganti, tenaga medis yang dibutuhkan, serta teknologi yang digunakan.

Biaya tersebut hanya mencakup tindakan operasinya saja, belum perawatan lainnya. Pasien diharuskan juga menjalani rawat inap, baik itu sebelum operasi dan setelah operasi, setidaknya harus opname selama 5 hari.

Kenapa biaya untuk operasi jantung dan perawatan penyakit jantung sangat mahal? Untuk mengatasi penyakit ini, dibutuhkan teknologi yang canggih serta ahli medis khusus untuk proses pembedahan.

Selain itu, ada beberapa tahapan atau pemeriksaan yang harus dilakukan oleh pasien. Setidaknya pasien harus bolak-balik ke rumah sakit sekitar satu sampai dua kali dalam satu bulan.

Untungnya, biayanya dapat diringankan dengan asuransi

Mahalnya biaya operasi bypass jantung dan biaya perawatan medis lain yang harus dikeluarkan, pasti cukup memberatkan pasien. Bahkan, bisa menyebabkan tertundanya tindakan medis karena masalah kekurangan biaya.

Sebenarnya, Anda tidak perlu khawatir jika Anda memiliki asuransi kesehatan. Inilah sebabnya kenapa asuransi kesehatan sangat penting untuk dimiliki.

Asuransi kesehatan dapat meringankan biaya operasi dan perawatan medis lainnya sehingga pasien bisa mendapatkan penanganan secepatnya dan kualitas hidupnya juga meningkat.

Jika Anda memiliki asuransi JKN KIS dari BPJS, biaya kesehatan untuk operasi bypass jantung sekaligus perawatannya akan ditanggung oleh BPJS, seperti tercantum dalam pedoman pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), yaitu Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) No. 28 Tahun 2014.

Sementara jika Anda memiliki asuransi kesehatan swasta, biaya medis akan diringankan sesuai dengan perjanjian antara Anda dengan pihak asuransi. Jadi, sudahkah Anda memiliki asuransi kesehatan?

Artikel Berapa Biaya yang Harus Dikeluarkan untuk Operasi Bypass Jantung? Dipublish Oleh Hello Sehat.