Bahtiar Ajak Masyarakat Jadikan Olahraga Sebagai Kebutuhan

oleh -17 views

Pjs. Gubernur Kepri H. Bahtiar Baharuddin mengajak seluruh masyarakat Kepri untuk menjadikan olahraga sebagai kebutuhan sehari-hari hingga menjadi gaya hidup. Bahtiar menyebutkan dalam tubuh yang sehat bersemayam jiwa dan pikiran yang positif, optimistis dan penuh semangat. Terutama dalam masa pandemi Covid-19  ini.

“Mari jadikan olahraga sebagai kebutuhan kita sehari-hari hingga menjadi gaya hidup yang melekat pada keseharian kita. Apalagi berolahraga di bawah sinar matahari, karena hasil riset menunjukkan sinar matahari itu bisa mengeluarkan gelombang sinar ultraviolet yang mampu menghancurkan RNA tidak lebih dari 90 detik yang ada didalam struktur virus itu,” ujar Bahtiar saat melakukan Jalan Sehat sekaligus Penanaman Pohon di halaman belakang Kantor Dinas Pendidikan Pulau Dompak, Tanjungpinang, Kamis (19/11).

Menurut Bahtiar, olahraga tidak perlu mahal.  Melakukan olahraga seperti jalan santai untuk mengeluarkan keringat, bagus di tengah pandemi karena berada di alam dan terpapar sinar matahari.

Bahtiar menyebutkan Pemerintah Daerah terus gencar mengkampanyekan untuk berolahraga, apalagi di tengah pandemi ini. Begitu juga dengan upaya penanaman pohon buah-buahan jangka pendek dan jangka panjang, karena olahraga dan konsumsi buah adalah anjuran kesehatan dan sebagai kedaulatan pangan dalam menggerakkan ekonomi kerakyatan.

“Nah, pagi ini kami mencontohkan ke masyarakat bersama teman-teman Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dengan melakukan gerakan bersama secara masif untuk berolahraga dan menanam pohon buah agar masyarakat mempunyai kesadaran untuk menyeimbangkan dan meningkatkan kesehatan, dan sekaligus Pulau Dompak ini nanti penuh dengan pepohonan dan buah-buahan,” ungkap Dirjen Polpum Kemendagri ini.

Lebih lanjut, Bahtiar yang didampingi Sekdaprov H TS Arif Fadilah menyampaikan sangat pentingnya gerakan menanam pohon di Kepri. Mengingat wilayah darat Kepri hanya 4 persen sehingga sangat sedikit wilayah untuk resapan air. Apabila tidak dijaga, maka kemampuan untuk menahan air dan ketersedian air bersih untuk masyarakat akan kesulitan.

“Maka gebrakan kita harus menanam pohon, agar nanti air bisa bertahan dan sumber air bersih bisa mencukupi untuk masyarakat. Ini merupakan peluang sekaligus tantangan kita, karena tidak dipungkiri bahwa Indonesia adalah produsen pohon buah tropika terbesar di dunia, jadi diperlukan gebrakan bersama untuk membangunkan nya,” terangnya.

Terakhir, Bahtiar menghimbau atas nama Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk menggelorakan Pilkada sehat dengan bersama-sama mensukseskan Pilkada Serentak 2020 dengan partisipasi masyarakat diatas 77,5 persen atau lebih.

Gunakan hak pilih supaya Negeri Segantang Lada yang saat ini dapat cobaan pandemi Covid-19 ada pemimpin di Daerah yang bisa membimbing memberi motivasi masyarakat untuk tetap optimis.

“Jangan lupa seluruh masyarakat Kepulauan Riau yang terdaftar wajib pilih, hari Rabu tanggal 9 Desember 2020 jam 07.00 sampai jam 13.00 WIB jangan melakukan aktifitas apapun sebelum pencoblosan di TPS. Karena kita akan memilih pemimpin ditingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota di seluruh Kepulauan Riau selain Kota Tanjungpinang untuk memimpin Daerah ini hingga 2024 yang akan datang,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *