5 Obat Batuk Kering Alami yang Bisa Anda Temukan di Rumah

oleh

Batuk kering dan gatal di tenggorokan memang sangat menyebalkan. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan Anda mengalami batuk kering. Mulai dari alergi, asma, hingga menghirup asap rokok, polusi, atau debu di udara. Lalu, bagaimana mengobatinya kalau tidak sembuh-sembuh? Jangan khawatir! Anda bisa coba beberapa pilihan obat batuk kering tradisional di bawah ini. Mungkin bahan-bahannya sudah Anda punya di rumah.

Macam-macam obat batuk kering tradisional yang ada di dapur Anda

Madu

Anda bisa menggunakan madu sebagai obat batuk kering tradisional di rumah. Cukup campurkan 2 sendok makan madu ke dalam teh tawar hangat. Di akhir racikan, berikan sedikit perasan lemon.

Madu bekerja ampuh untuk mengurangi batuk. Bahkan, khasiatnya ini bahkan mirip dengan obat batuk yang mengandung dextromethorphan dan diphenhydramine (antihistamin). Selain itu, madu juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Air perasan lemon akan ikut membantu melegakan tenggorokan.

Daun mint

manfaat peppermint

Kandungan menthol dalam daun mint membantu melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat.

Caranya cukup dengan menghirup uap hangat dari campuran 4 tetes minyak atsiri daun mint dalam secangkir air panas.

Sup kaldu hangat

Jika batuk kering dan gatal Anda tidak sembuh-sembuh, coba racik sup ayam hangat dengan bawang putih, perasan lemon, dan sedikit kunyit.

Senyawa aktif allicin dalam bawang putih memiliki fungsi antivirus, antimikroba, dan antijamur yang ampuh membunuh berbagai organisme penyebab batuk. Sementara itu kunyit bekerja melawan peradangan yang bikin batuk tak tuntas dan tenggorokan gatal.

Jangan lupa juga isi sup Anda dengan sayuran dan daging yang kaya protein, vitamin, dan mineral untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Nanas

buah nanas untuk pencernaan

Makan sepotong nanas atau minum jus nanas segar 2-3 kali sehari ternyata cukup ampuh sebagai obat batuk kering tradisional. Manfaat ini berkat kandungan bromelain dalam nanas yang bekerja meredakan peradangan, sehingga mengurangi batuk serta melegakan tenggorokan Anda.

Thyme

Thyme adalah tanaman herba asal Mesir yang termasuk dalam keluarga mint. Daun thyme punya banyak manfaat kesehatan, salah satunya sebagai obat batuk kering tradisional.

Daun thyme mengandung senyawa antioksidan flavonoid yang bisa mengendurkan otot tenggorokan dan mengurangi peradangan.

Caranya cukup seduh 2 sdt daun thyme kering dalam 1 cangkir air panas. Aduk rata dan tunggu beberapa menit sebelum disaring. Minum teh thyme selagi hangat.

Artikel 5 Obat Batuk Kering Alami yang Bisa Anda Temukan di Rumah Dipublish Oleh Hello Sehat.