5 Deretan Obat Batuk Berdahak Alami yang Mudah Ditemukan di Rumah

oleh

Mengalami batuk berdahak memang sangat mengganggu. Dada terasa sesak, tenggorokan gatal, bahkan terkadang sampai membuat suara serak. Ketimbang buru-buru minum obat, sebaiknya coba atasi dulu dengan obat batuk berdahak alami yang mungkin sudah tersedia di rumah. Apa saja itu?

Berbagai obat batuk berdahak alami yang tersedia di rumah

Minum obat batuk berdahak alami dapat membantu mengeluarkan dahak yang selama ini bersarang di tenggorokan Anda. Tenggorokan Anda akan terasa lebih lega dan mengurangi batuk berdahak secara perlahan.

Beragam obat batuk berdahak alami yang bisa Anda coba di antaranya:

1. Air putih hangat

Minum air putih hangat bisa menjadi salah satu obat batuk berdahak alami yang patut Anda coba. Pasalnya, suhu hangat pada air dapat membantu mengencerkan lendir dan mengeluarkannya dari tenggorokan Anda.

Selain itu, air putih juga dapat membantu menjaga selaput lendir tetap lembap, sehingga mencegah produksi lendir yang berlebihan. Lama kelamaan, batuk berdahak pun akan berkurang.

2. Madu

minum madu

Manfaat madu memang benar adanya, salah satunya sebagai obat batuk berdahak alami. Ini karena madu memiliki sifatĀ antiradang yang bermanfaat untuk mengobati pilek dan batuk berdahak.

Campurkan dua sendok teh madu ke dalam segelas air, lalu minum secara rutin setidaknya satu sampai dua kali sehari. Anda juga bisa menambahkan irisan lemon supaya rasanya jadi lebih segar.

3. Jahe

minum air jahe

Minum teh jahe dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Ini karena jahe memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang dapat melawan infeksi penyebab batuk berdahak.

Caranya, masukkan 20 sampai 40 gram irisan jahe segar ke dalam secangkir air panas. Diamkan selama beberapa menit sebelum diminum.

Jahe masih punya segudang manfaat lain, penasaran apa saja? Yuk lihat manfaat jahe untuk kesehatan di sini.

4. Bawang putih

makan bawang putih

Bawang putih diketahui mengandung allicin, senyawa yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab batuk berdahak.

Sifat antimikroba dan antiradang pada bawang putih dinilai ampuh melawan infeksi yang bersarang di tenggorokan. Maka, bahan yang satu ini cocok menjadi pilihan obat batuk berdahak alami.

5. Kumur air garam

manfaat air garam untuk kesehatan mulut

Kumur air garam dapat membantu membilas dahak yang memenuhi tenggorokan Anda. Racikan alami ini juga bisa meredakan sakit tenggorokan.

Campurkan segelas air hangat dengan setengah sampai tiga perempat sendok teh garam, lalu aduk hingga rata. Miringkan kepala Anda ke belakang, lalu kumur-kumur dengan air garam.

Ulangi cara ini secara rutin hingga batuk berdahak Anda berkurang perlahan.

Artikel 5 Deretan Obat Batuk Berdahak Alami yang Mudah Ditemukan di Rumah Dipublish Oleh Hello Sehat.