4 Keuntungan Ikut Asuransi Mikro untuk Orang yang Berpenghasilan Pas-pasan

oleh

Selama ini Anda mungkin berpikir bahwa asuransi termasuk fasilitas mewah yang hanya bisa dimiliki oleh orang-orang berduit. Padahal, tidak selalu seperti itu. Ada asuransi yang justru dibuat khusus untuk orang yang berpenghasilan pas-pasan, Namanya adalah asuransi mikro.

Mengutip Kontan, total pemegang polis produk ini telah mencapai 21,79 juta pada tahun 2017. Jumlahnya meningkat sebesar 12,26% dibandingkan posisi tahun 2016 mencapai 19,41 juta. Masih bingung soal apa itu asuransi mikro? Yuk, simak lebih lanjut!

Apa itu asuransi mikro?

Asuransi mikro adalah produk asuransi yang khusus diperuntukkan bagi masyarakat dengan penghasilan per bulan tidak lebih dari Rp 2.500.000,- (dua juta lima ratus ribu rupiah). Asuransi ini bertujuan agar orang yang berpenghasilan pas-pasan pun tetap dapat memiliki asuransi sebagai bentuk jaminan perlindungan dirinya di masa sekarang dan masa depan.

Sama seperti asuransi lainnya, asuransi mikro ditawarkan dalam berbagai bentuk seperti:

  • Asuransi jiwa untuk santunan biaya pemakaman dan pembayaran sisa pinjaman kepada lembaga keuangan penyedia pinjaman.
  • Asuransi kerugian untuk pembangunan rumah atau tempat usaha setelah mengalami musibah seperti bencana alam, atau kebakaran dan kebanjiran.
  • Asuransi kesehatan untuk pembiayaan rumah sakit dan santunan tunai pengganti penghasilan jika peserta sakit atau merawat anggota keluarga yang sakit.

Keuntungan ikut asuransi mikro

Program asuransi mikro telah disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat berpenghasilan minim, yaitu sederhana, mudah, ekonomis, dan segera (SMES). Berikut rinciannya:

Sederhana

Bentuk dan jenis asuransi ini tidak rumit karena tidak memakai polis yang panjang dan sulit dipahami. Polis atau kontrak asuransi memiliki fitur dan proses administrasi yang sederhana, sehingga mudah dipahami. Polisnya hanya berupa selembar sertifikat (dua halaman bolak-balik) saja.

Sementara pada asuransi reguler (nonmikro) kontrak polis bisa berlembar-lembar, bahkan ada yang berbentuk buku. Biasanya polis berisi syarat dan ketentuan yang luas dan sulit dipahami.

Selain itu dalam ketentuannya, asuransi mikro hanya memiliki sedikit pengecualian. Asuransi nonmikro memiliki banyak pengecualian.

Mudah

Produk asuransi yang satu ini sangat mudah didapat. Anda bisa mencairkan santunan di minimarket, kantor pos, kios, outlet pegadaian, kantor kepala desa, komunitas warga, dan tempat lain yang telah ditentukan baik secara pribadi maupun kelompok. Sementara itu, klaim asuransi nonmikro umumnya dilakukan di kantor cabang asuransi melalui agen atau broker.

Terlebih, asuransi mikro tidak memerlukan cek kesehatan terlebih dahulu saat mengajukan asuransi. Sedangkan asuransi nonmikro biasanya wajib cek kesehatan dulu sebelum mengajukan permohonan polis.

Ekonomis

Premi asuransi ini sangat terjangkau, tapi tetap tergantung besar kecilnya santunan dan jenis asuransi yang dibeli. Pada umumnya, dikutip dari asuransimikroindonesia.org, harga premi rata-ratanya sekitar empat mangkuk mi goreng, atau seharga 2-3 bungkus rokok. Selain itu, premi asuransi mikro cukup hanya dibayarkan sekali dalam satu masa tanggungan karena harganya yang sangat terjangkau.

Dalam asuransi mikro, jumlah premi dan santunan sudah ditetapkan dan jumlahnya sama bagi tiap tertanggung. Namun pada asuransi nonmikro, premi dan nilai pertanggungan tergantung dari kemampuan dan permintaan tertanggung.

Segera

Segera berarti proses pembayaran santunan relatif cepat, tidak lebih dari 10 hari setelah semua dokumen diterima secara lengkap dan benar oleh perusahaan asuransi. Hal ini karena masyarakat berpenghasilan rendah biasanya tidak memiliki tabungan yang cukup dan sangat membutuhkan dana cepat saat dilanda musibah.

Sedangkan klaim asuransi nonmikro biasanya diterima dalam waktu 30 hari setelah dokumen lengkap dan langsung diambil di kantor cabang asuransi.

Untuk asuransi mikro jangka waktunya umumnya tidak lebih dari satu tahun. Sementara jangka waktu asuransi nonmikro lebih dari satu tahun.

Tips membeli asuransi mikro

cara kerja asuransi

Produk asuransi ini memberikan manfaat optimal jika digunakan dengan tepat. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda ingin membeli asuransi mikro, yaitu:

  • Mencatat jenis produk asuransinya.
  • Mencatat nomor kontrak asuransi atau nomor polis yang tetera di dalam produk tersebut.
  • Mencatat masa berlaku produk asuransi agar tidak terlewat atau kedaluwarsa ketika ingin mengajukan santunan.
  • Membayar iuran tepat waktu karena jika telat Anda tidak akan mendapat perlindungan dari asuransi tersebut.
  • Mencatat nomor telepon perusahaan asuransi untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu ada hal yang perlu ditanyakan.
  • Melengkapi dokumen yang diperlukan secara benar agar proses pengajuan santunan dapat diproses secara efektif dan cepat.

Artikel 4 Keuntungan Ikut Asuransi Mikro untuk Orang yang Berpenghasilan Pas-pasan Dipublish Oleh Hello Sehat.